Senin, 27 Mei 2013

Budidaya melon telah menunjukkan prospek peluang usaha yang sangat menjanjikan. Namun jika faktor tanah yang semakin keras, unsur hara sedikit terutama unsur hara mikro & hormon alami, faktor iklim & cuaca, faktor hama & penyakit tanaman serta faktor pemeliharaan tak diperhatikan maka keuntungan akan menurun. Untuk meningkatkan produktivitas melon secara kuantitas, kualitas, dan kelestarian lingkungan berikut adalah syarat tanam untuk buah melon.

Syarat Pertumbuhan Buah Melon
Iklim butuh cahaya matahari penuh selama pertumbuhannya. Pada kelembaban yang tinggi tanaman melon mudah diserang penyakit. Suhu optimal antara 25-300C. Angin yang bertiup cukup kencang bisa merusak pertanaman melon. Curah hujan terus menerus juga akan merugikan tanaman melon. Melon bisa tumbuh baik di ketinggian 300-900 m dpl.
Media Tanam
Tanah yang baik yakni tanah liat berpasir yang banyak kandungan bahan organik seperti andosol, latosol, regosol, & grumosol, asalkan kekurangan dari sifat-sifat tanah tersebut bisa dimanipulasi dengan pengapuran, penambahan bahan organik, ataupun pemupukan. Tanaman melon tak suka tanah yang terlalu basah, pH tanah 5,8-7,2.
Pembuatan Media Semai
Sediakan Natural GLIO: 1-2 kemasan Natural GLIO dicampur dengan 50-100 kg pupuk kandang untuk lahan 1000 m2. Selanjutnya didiamkan dalam 1 minggu di tempat teduh dengan selalu menjaga kelembabannya dan sesekali diaduk (dibalik). Campurkan tanah halus yang diayak, 2 bagian/2 ember (volume 10 lt), pupuk kandang matang yang telah diayak halus sebanyak 1 bagian/1 ember, TSP (± 50 gr) yang dilarutkan dalam 2 tutup Poc Nasa, dan Natural GLIO yang telah dikembangbiakkan dalam pupuk kandang 1-2 kg . Masukkan media semai ke dalam polybag ukuran 8 x 10 cm sampai terisi hingga 90%.
Teknik Penyemaian dan pemeliharaan Bibit Buah Melon
Benih direndam dalam 1 liter air hangat suhu 20-250C + 1 tutup POC NASA selama 8-12 jam kemudian diperam + 48 jam. Kemudian disemai dalam polybag, sedalam 1-1,5 cm. Benih disemaikan dalam posisi tegak dan ujung calon akarnya menghadap ke bawah. Tutupi benih dengan campuran abu sekam & tanah dengan perbandingan 2:1. Kantong persemaian diletakkan berderet agar terkena cahaya matahari penuh sejak terbit hingga tenggelam. Diberi perlindungan plastik transparan yang salah satu ujungnya terbuka.
Semprotkan POC NASA untuk memacu perkembangan bibit, pada umur bibit 7-9 hari dengan dosis 1,0-1,5 cc/liter. Penyiraman dilakukan dengan sangat hati-hati secara rutin tiap pagi. Bibit melon yang telah berdaun 4-5 helai / tanaman melon telah berusia 10-12 hari bisa kita pindahtanamkan dengan cara kantong plastik polibag dibuka hati-hati kemudian bibit berikut tanahnya ditanam di bedengan yang sudah dilubangi sebelumnya, bedengan jangan sampai kekurangan air.
Tertarik untuk budidaya melon ?? selamat mencoba, semoga sukses.
Posted by Sugiyarto bin Sukarno On 00.47 2 comments

2 komentar:

  1. menjanjikan banget nih gan, tapi buat orang awam kaya saya pasti agak sulit ya gatau istilah" pertanian hehehehe mesti mendalami lebih lanjut dulu nih kayanya, tapi bisa dijadiin bahan pertimbangan.

    oya mohon maaf sebelumnya ane punya beberapa informasi terkait rumah barangkali ada yang nyari rumah hehehehe

    rumah jual
    jual rumah di bekasi
    rumah dijual di kelapa gading
    perumahan baru bekasi

    BalasHapus
  2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan Hormon Giberelline untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About