Senin, 27 Mei 2013

Berbagai jenis makanan untuk ayam peliharaan seperi jagung,katul,konsentrat dll.Di sini saya mau berbagi tentang pengalaman saya saat memberi makanan sang Ayam.Ini adalah cara saya,tidak tau apakah hanya kebetulan saja atau karena keberuntungan berpihak kepada saya,saya sendiri tidak tau.Ingat waktu 4 tahun yang lalu saat saya masih berada di kampung dan saat itu waktu maraknya virus flu burung yang membuat ayam peliharaan tiba-tiba mati.Hampir seluruh ayam milik penduduk di kampung saya mengalami kejadian mati mendadak.Biasanya tidak menampakkan gejala-gejala kalau ayam sedang tidak sehat (gering),saat sore hari sang pemilik ayam memberi makan,ayam masih pada sehat namun keesokan harinya ayam sudah mati.Ini adalah masalah di sebagian besar pemilik ayam di kampung tapi tidak dengan ayam-ayam dirumah saya.

Banyak orang kampung yang heran,bahkan saya sendiri juga heran kok bisa ya banyak penduduk yang meresahkan kehabisan ayam peliharaannya tapi punya saya kok tak satupun ada yang mati.Karena banyak yang bertanya kepada saya kemudian saya jawab"itu mungkin sudah rizki saya".Di samping itu juga tak lepas dari cara perawatannya,meskipun ayam kampung yang terbilang agak liar namun juga harus di perhatikan dalam pemberian makan dan kesehatannya.Simbok saya selalu menyuruh saya untuk memberi makan ayam setiap pagi dan sore hari terkadang juga 3 kali dengan siang hari di saat ayam sedang berkumpul di belakang rumah.Berikut adalah cara yang saya pakai untuk memelihara ayam peliharaan.

1.Siapkan bekatul (dedak),sayuran (bayam,daun pepaya) di cincang kecil-kecil tapi jangan terlalu banyak nanti ayam tidak suka,dan garam dapur (sedikit saja)

2.Campur bahan-bahan diatas  hingga rata dan berikan kepada ayam

3.Disaat ayam sedang makan,terutama di sore hari Anda harus perhatikan baik-baik sikap sang ayam,apakah nafsu makannya kuat atau berkurang.Jika kurang nafsu makannya dan Anda melihat seperti pucat atau diam (biasanya bulunya terlihat agak kusam).

4.Jika Anda melihat gejala-gejala yang aneh,lebih baik Anda tangkap dan beri perawatan intensih dan di pisahkan dengan yang lain.Perawatan seperti ini yang sering saya lakukan adalah dengan cara memberi obat (semisal bodrexin) dengan dosis setengah dari dosis manusia,dan di jemur saat pagi.

Nah hanya seperti itu cara yang saya terapkan untuk merawat ayam peliharaan saya.Setiap individu punya cara masing-masing untuk merawat binatang kesayangannya,entah dengan cara modern (medis),ataupun cara tradisional.Dalam pemeliharaan binatang yang paling pokok yang harus di lakukan adalah Perhatian,jangan dibiarkan asal-asalan hidup meskipun itu binatang.
Posted by Unknown On 00.22 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About